Siswa-Siswa SMPN 4 Cipeundeuy Harumkan Bandung Barat di Ajang OSN

Oleh: Hj. Eni Haerini, M.Pd
(Kepala SMP Negeri 4 Cipeundeuy)

 

Sesuai dengan visi sekolah, yaitu: mewujudkan lulusan yang berprestasi, agamis, disiplin, mandiri, kolaboratif dalam lingkungan yang asri, SMP Negeri 4 Cipeundeuy selalu berusaha untuk mewujudkan siswa yang berprestasi. Mungkin sebagian orang berpikir itu adalah mimpi bagi sekolah sekecil SMPN 4 Cipeundeuy yang muridnya hanya berjumlah 219.

Atas hal tersebut, di dalam setiap kesempatan bila ada sebuah kompetisi, kepala sekolah tak pernah berhenti untuk membantu guru dalam mempersiapkan siswanya agar mengikutinya. Sekolah selalu berpikir bahwa walaupun berada di pinggiran kota, ketika berusaha, pasti Allah berikan hasilnya. Sekalipun  tahu hasilnya mungkin saja mengecewakan, tetapi hasil buat sekolah itu tidak penting. Yang terpenting adalah pembelajaran bagi mereka.

Salah satu program untuk meraih prestasi bagi siswa siswi, SMPN 4 Cipeundeuy melakukan pembimbingan dalam mempersiapkan siswa untuk mengikuti OSN (Olimpiade Sains Nasional).

Sebagai sebuah ajang talenta bergengsi OSN menjaring siswa terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme yang bertingkat mulai dari tingkat kabupaten, provinsi sampai tingkat nasional memberikan peluang bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

SMPN 4 Cipeundeuy mempersiapkan siswa untuk menjadi peserta ajang uji  berprestasi itu selama 5 bulan. Artinya 13 siswa yang ikut sebagai peserta OSN dibimbing mengerjakan soal-soal selama kurang lebih lima bulan lamanya. Mereka adalah siswa siswi yang menawarkan diri untuk mengikutinya sehingga mereka benar-benar mau berjuang.

Pembimbingan dilakukan oleh seorang TU yang inspiratif bernama Angga Wibawa. Beliau adalah orang tulus yang sulit ditemukan di dunia ini. Beliau melakukan pembimbingan tanpa diminta. Dengan tekun Pak angga rela menghabiskan waktunya sampai sore membimbing 13 peserta OSN dari SMPN 4 Cipeundeuy. Untuk membantu agar tidak kewalahan, beliau meminta siswa kelas IX peserta OSN  tahun lalu yang masuk ke tingkat provinsi untuk mendampinginya.

Berkat usaha yang mereka lakukan, akhirnya mendapatkan hasil gemilang. 8 dari 13 siswa yang dikirimkan lolos untuk dapat mengikuti olimpiade ke tingkat provinsi. Hal itu merupakan sebuah prestasi baik bagi SMPN 4 Cipeundeuy di tahun ini. Semoga perolehan ini akan menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya. ***