Universitas “Seribu Tangga”

Oleh: Prof. Dr. Dinn Wahyudin
(Warek -1 IKOPIN University)

Unique. It is really a uniquec campus. Kampus yang unik. Ungkapan spontan tersebut disampaikan Prof. Dr. Naoshi Uda dari Makes Me Happy Co, Ltd Jepang dalam kunjungan singkatnya ke IKOPIN University akhir Desember lalu.

Dalam kunjungannya ke IKOPIN University tersebut, Prof Naoshi Uda yang didampingi oleh Indriyani Rahman, Ph.D., seorang professor dan peneliti muda asal Indonesia yang mengajar di Kitakyushu University Jepang. IKOPIN merupakan kampus unik yang bercirikan banyak tangga. Dengan kontur tanah yang berbukit, bangunan dan gedung utama IKOPIN dihubungkan dengan tangga dan pepohonan yang rindang hijau menyejukkan.

Itulah IKOPIN University. Para mahasiswa menyebutnya sebagai Universitas “seribu tangga”. A university with thousands of stairs. IKOPIN disebut kampus unik dengan dua alasan utama. Pertama, kampus ini merupakan satu-satunya universitas di Indonesia yang melekatkan kata “koperasi” sebagai nama Universitas. Yaitu, Universitas Koperasi Indonesia atau IKOPIN University. Ini memberi makna bahwa IKOPIN University memiliki komitmen kuat untuk terus mempertahankan jati diri sebagai universitas yang menyangga tinggi tinggi spirit cooperative dan collaboration.

Dalam melaksanakan tri dharma pendidikan tinggi, IKOPIN University senantiasa berpijak pada esensi hakiki perlunya kerjasama, saling mempercayai, kolaborasi dengan semua pemangku kepentingan. Kesemuanya dengan tujuan akhir memberi kesempatan seluas luasnya bagi para mahasiswa IKOPIN untuk belajar, menimba ilmu, dan sekaligus ditempa menjadi wirausahawan dan kader koperasi yang tangguh.

Kedua, secara geografis IKOPIN University merupakan kampus unik karena bercirikan banyak tangga. Dengan tekstur tanah yang berbukit, kampus IKOPIN yang memiliki luas lebih dari 29 hektar, memiliki daya tarik tersendiri. A hilly and stairs university. Koneksi antar bangunan utama dihubungkan dengan tangga yang dibuat unik, asri, dengan taman dan pepohonan yang hijau dan asri. Walapun untuk mencapai ke bangunan/gedung utama tersebut, bisa dilalui selain jalan kaki melalui tangga, juga disiapkan jalan utama yang bisa dilalui dengan sepeda motor dan kendaraan roda empat. Para mahasiswa menyebut kampus IKOPIN university sebagai unversitas dengan seribu tangga. A university with thousands of stairs.

Universitas Seribu Tangga

Secara filosofis, universitas yang memasang tagline university with thousand of stairs memiliki makna tersendiri. Yaitu, memotivasi mahasiswa untuk belajar tekun, bekerja keras untuk memperoleh hasil belajar yang maksimal. Perolehan kompetensi tak bisa diraih dalam waktu singkat atau instant.

Sebagai pembanding, di pintu gerbang Parul University, suatu universitas ternama di Vadodara, Gujarat India misalnya, telah dipasang huruf besar di depan pintu gerbang (gate) universitas. Don’t focus on going from 1 to 100. Focus on going from 0 to 10. Then 10 to 20. And so on. Until you got to 100. Trust the process. Enjoy the process. Step by Step. You will be there. Jangan fokus dari 1 ke 100. Fokus dari 0 ke 10. Lalu 10 ke 20, dan seterusnya, sampai Anda mencapai 100. Percayai prosesnya. Nikmati prosesnya, selangkah demi selangkah. Niscaya kalian akan sampai di tujuan. Maknanya, universitas seribu tangga mengajak sivitas akademika untuk bekerja keras, bekerja dan belajar secara bertahap, niscaya akan mencapai tujuan yang diimpikan.

Contoh lain. Pada salah satu bagian dinding bangunan Martin Luther King University di Boston, USA, tertulis pesan tegas. You don’t have to see the whole staircase, just take the first step. Anda tidak harus melihat keseluruhan tangga, cukup ambil langkah pertama. Pesan ini menyiratkan perjalanan jauh diawali dengan langkah awal yang optimistik.

Dalam konteks belajar di perguruan tinggi, belajar optimal perlu dilakukan. Awalilah dengan belajar sepenuh hati. Raihlah ilmu pengetahuan dan keterampilan sebanyak banyaknya dengan berbagai upaya yang inovatif dan produktif. Hal ini lah yang saat ini juga sedang dilakukan IKOPIN University untuk para mahasiswanya dan masyarakat luas. IKOPIN University is a new path for better Indonesia. IKOPIN University merupakan Jalan Baru menuju Indonesia yang lebih baik.

KBBK

Saat ini, IKOPIN University memiliki dua fakultas, dan satu program Magister. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) memiliki lima program studi yaitu: Program Magister (S2) Manajemen; Program S1 Akuntasi: Program S1 Manajemen: Program S1 Syariah, dan Program D3 Manajemen Bisnis. Sedangkan Fakultas Sains dan Teknologi (Fastek) memiliki tiga program studi yaitu Program S1 Sains Data, program S1 Agribisnis; dan Program S1 Teknologi Pangan.

Dalam memberikan layanan pengalaman belajar yang lebih optimal kepada para mahasiswa, IKOPIN University melaksanakan pembelajaran yang lebih integratif. Yaitu, pembelajaran yang bercirikan Kuliah sama dengan Bekerja dan Bekerja sama dengan Kuliah (KBBK). Hal ini sesuai dengan Visi IKOPIN University yaitu “menyiapkan kader Koperasi Indonesia sebagai teknososiopreneur yang unggul dan inovatif pada tahun 2045.”

Kurikulum KBBK mengisi ruang akademis dan non-akademis yang saling komplemen dengan mengintegrasikan intra kurikuler, ko kurikuler, dan ektra Kurikuler dan berkolaborasi dengan universitas lain, dunia usaha/dunia industri (DUDI) dan Koperasi. Dengan demikian, para mahasiswa mendapat kesempatan yang lebih luas, selain menimba ilmu pengetahuan di kelas dan di luar kelas, juga memperoleh keterampilan yang lebih aplikatif dalam berwirausaha, termasuk mendapat kesempatan untuk berbisnis, bekerja atau magang dengan peluang mendapat potensi perolehan penghasilan.

Bagi generasi muda di manapun kalian berada, bergabunglah jadi mahasiswa baru IKOPIN University. Melalui KBBK, anda akan dibimbing dan dilatih menjadi wirausahawan tangguh dan kader koperasi Indonesia profesional. IKOPIN University is a new path for better Indonesia. ***