MEMUPUK SEMANGAT KERJA DENGAN APEL PAGI

Oleh: Dr. H. Rustiyana, ST., MT., M.Pd., M.A.P
(Sekretaris Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat)

Apel Pagi merupakan wahana yang efektif dan efisien dalam memupuk semangat kerja pegawai. Dengan wahana ini, layanan prima akan terwujud, dan akan berdampak pada peningkatan kualitas kinerja semua pihak

Terdapat banyak strategi yang dapat dilaksanakan untuk memupuk etos kerja, salah satunya adalah dengan program Apel Pagi. Kegiatan yang sering dianggap formalitas tersebut, sebenarnya mempunyai makna yang sangat penting bagi peningkatan semangat kerja bagi para pegawai.

Di dalam Apel Pagi  sebagaimana yang telah diprogramkan Dinas Pendidikan Kab. Bandung Barat, pimpinan memberikan sejumlah arahan, pembinaan, sekaligus pengawasan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan para pegawai pada umumunya, secara efektif dan efisien. Kenapa demikian?

Penulis menganalisa bahwa intensitas tugas rutin yang dilaksanakan pegawai di hari kerjanya memerlukan support dari pimpinan. Oleh karena itu, Apel Pagi merupakan wahana yang sangat tepat untuk memotivasi kinerja mereka dalam upaya peningkatan layanan yang lebih optimal.

Selain itu, Apel Pagi diyakini juga dapat menumbuhkan sikap kebersamaan, selain memelihara loyalitas, integritas dan semangat untuk mewujudkan pelayanan prima.

Di sisi lain, informasi-informasi terkini yang disampaikan pimpinan, sangat dibutuhkan para peserta Apel Pagi dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pegawai. Sehingga, di dalam melaksanakan tugasnya, para pegawai lebih terarah dan tepat sasaran. Pada akhirnya akan berdampak pada etos kerja yang semakin meningkat.

Seperti diketahui, nilai-nilai dasar (core values) seorang  Aparatur Sipil Negara (ASN) telah diatur dalam Undang-undang  Nomor 5 tahun  2014  tentang  Aparatur Sipil Negara. Di dalamnya, memuat nilai-nilai dasar BerAKHLAK-Berorientasi pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Dalam Core values tersebut,  setiap ASN didorong untuk selalu memiliki  komitmen  memberikan  pelayanan   prima  demi kepuasan  masyarakat. Kemudian, bertanggungjawab atas kepercayaan  yang diberikan, terus belajar dan mengembangkan kapabilitas, saling peduli dan menghargai perbedaan,  berdedikasi dan mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara, terus   berinovasi   dan   antusias    dalam   menggerakkan    serta menghadapi  perubahan, dan selalu membangun kerja sama yang sinergis.

Nilai-nilai dasar tersebut, sangat efektif disampaikan dalam kegiatan Apel Pagi. Sehingga, setiap ASN khususnya, dan pegawai lainnya dapat terus memilihara integritas diri, sebagaimana yang terpatri di dalam  employer Branding ASN, yakni Bangga Melayani Bangsa.

Akhirnya, kegiatan Apel Pagi merupakan wahana yang efektif dan efisien dalam memupuk semangat kerja pegawai. Dengan wahana ini, layanan prima akan terwujud, dan akan berdampak pada peningkatan kualitas kinerja semua pihak. ***